TiltMeter : Penjelasan Detail dan Cara Pemasangan

Tiltmeter merupakan alat yang berfungsi untuk memantau kemiringan dan perubahan didalam suatu struktur. Tujuan pemantuan menggunakan alat ini adalah untuk menganalisa rotasi gaya struktur yang mendapatkan gaya dari tanah. Tiltmeter biasanya digunakan untuk memantau pada Jembatan, Terowongan, bendungan dan lain-lain

Pengukuran dengan tiltmeter dapat dilakukan jika suatu bangunan sudah menunjukan perubahan posisi secara horizontal atau vertikal agar dapat diketahui gaya serta getaranya. Pemasangan Tiltmeter akan diposisi kan 0 untuk mempermudah analisa.

Kemiringan struktur dapat terjadi yang disebabkan oleh dorongan tanah dengan gaya lateral, struktur merupakan elemen penting dalam pembangunan untuk menopang beban atas agar bangunan tetap berdiri dengan seimbang.

Tiltmeter

Pengujian Tiltmeter mempunyai 2 metode dalam melakukan pengujian kemiringan struktur yaitu, Portable Tiltmeter dan In Place TIltmeter. Portable Tiltmeter adalah sensor yang dapat dipindah-pindah dari satu titik ke titik selanjutnya.

Sedangkan In Place Tiltmeter adalah sensor yang dipasang dengan cara dilas agar menempel dengan tulangan struktur. metode ini digunakan agar tiltmeter dapat bertahan dan menempel pada struktur dalam jangkau waktu yang lama dan tidak dapat dipindah-pindahkan.

Pemasangan tiltmeter bisa dilakukan dengan cara dibor telebih dahulu pada struktur beton, lalu pasangkan tiltmeter pada lubang tersebut dan kencangkan aga tidak jatuh pada saat pengujian dilakukan. Lalu sambungkan kabel sensor ke data logger agar dapat membaca gaya yang terjadi.

Pemasangan Tiltmeters pada Struktur

Kabel dari data logger kemudian disambungkan ke laptop untuk proses analisa dengan menggunakan bantuan software khusus yang sudah di install sebelumnya. Tiltmeter akan bekerja ketika struktur beton mendapatkan gaya yang terjadi.

Catat dan lakukan analisa ketahap selanjutnya agar struktur tersebut dapat dilakukan perbaikan atau masih dalam ambang batas yang diperbolehkan dalam dunia pembangunan.

Dalam pembacaan hasil pengukuran menggunakan tilt meter memang dibutuhkan orang yang berpengalaman khususnya dalam bidang geoteknik dan sipil. Hasil pengukuran ini nantinya bisa digunakan untuk analisa selanjutnya.

Jenis-Jenis Tiltmeter

1) Tiltmeter

Tilt meter mempunyai resolusi tinggi yang sangat ideal untuk memantau stuktur bangunan.

Keunggulan

Akurat, pengukuran beresolusi tinggi, bisa dibaca jarak jauh, hemat energi, mudah digunakan, biaya terjangkau dan bisa digunakan kembali.

Keterbasan

Beberapa aplikasi memerlukan suhu yang tepat, pemasangan

harus hati-hati.

2) EL Beam Sensor

Sensor pada alat ini hampir sama dengan sensor pada Tiltmeter, sensor ini akan dipasangkan pada balok kaku dengan panjang yang telah ditentukan dan dipasangkan gauge. Biasanya balok memiliki panjang 1-2 meter dan diletakkan pada struktur.

Keuntungan

Sensor akan mempermudah perubahan kemiringan pada balok tersebut dalam satuan millimeter, selain itu sensor juga dapat memantau pergerakan lateral dan dihubungkan secara end to end untunk memantau pergerakan diferensial.

Keterbatasan

Beberapa aplikasi memerlukan suhu yang tepat, Pemasangan harus hati-hati.

3) MEMS Tiltmeter

Tilemeter ini adalah alat kelas menengah dengan menawarkan pengukuran yang lebih luas +/- 10 derajat.

Keunggulan

Alat ini tahan air, mempunyai versi dalam biaksial dan uniaksial, bisa di baca jarak jauh, mudah dipasangkan, bisa digunakan kembali dan hemat.

Keterbatasan

Pembacaan sensor kurang baik ketimbang sensor EL Tiltmeter

4)Portable Tiltmeter

Alat ini sangat praktis dibawa kemana-mana untuk setiap pengukuran.

Keunggulan

Tiltmeter ini dapat memantau kemiringan dengan baik dan akurat, hemat biaya, memiliki sensor servo-accelometer reliable yang sama digunakan dalam probe inclinometer.

Kekurangan

TIdak dapat memantau dengan jarak jauh, tidak bisa otomatis, akurasi dipengaruhi penempatan sensor

5) Track Monitor

Alat ini dapat memantau pada rel kereta api, sensor ini mempunyai dua versi yaitu sensor EL dan MEMS yang lebih lebar.

Keuntungan

Bisa dipantau jarak jauh, mudah penggunaannya, bisa bertahan dalam keadaan cuaca apapun.

Kekurangan

Tidak dapat memberikan data pada saat kereta melintasi rel

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia alat pengujian dan pengukuran menjual Tiltmeters dengan kualitas terbaik. Informasi lebih lengkapnya silakan hubungi kami di nomorTelepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel TiltMeter : Penjelasan Detail dan Cara Pemasangan

Digital Tiltmeter (MEMS)
Digital Tiltmeter (MEMS)
Tilt Sensors (Stainless Steel) (MEMS)
Tilt Sensors (Stainless Steel) (MEMS)
Tilt Sensors (NEMA 4 Enclosure) (MEMS)
Tilt Sensors (NEMA 4 Enclosure) (MEMS)
LC-3 Dataloggers (MEMS)
LC-3 Dataloggers (MEMS)