• img
10 August 2018

Upgrade Sistem Kontrol Mesin Balancing di PT Pupuk Kaltim

Team dari PT Testindo melakukan upgrade sistem kontrol mesin balancing yang ada di PT Pupuk Kaltim (Kalimantan Timur).

Mesin balancing merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk mengukur dan menganalisa tingkat unbalance (ketidakseimbangan) pada setiap komponen mesin yang berputar. Biasanya mesin yang sering digunakan akan mengalami perputaran yang kurang stabil dan konstan.

Beberapa komponen mesin yang berputar dan sering kita temui diantaranya : turbin, cakram, kipas, baling-baling pompa dan ban kendaraan. Mesin balancing terdiri dari dua tiang penyangga yang dilengkapi dengan supensi dan bearing untuk mempermudah pemasangan pada saat melakukan pengujian

Terdapat dua jenis mesin yang sering digunakan untuk membalancing yaitu Soft Bearing Balancing Machine dan Hard Bearing Balancing Machine. Mesin tersebut memiliki perbedaan pada suspense yang menyeimbangkan benda yang akan dilakukan pengujian.

Untuk mempermudahkan pembacaan pada mesin balancing, PT Testindo melakukan upgrade Instrumentasi Sistem di PT Pupuk Kaltim, Kalimantan Timur. Upgrade ini bertujuan agar sistem pembacaan pada mesin balancing lebih mudah dikontrol melalui sistem komputerisasi atau menjadi lebih otomatis (automation).

 

Upgrade Mesin Balancing

 

Mesin balancing yang sedang di upgrade dengan menggunakan Instrument TMR

 

upgrade mesin balancing

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrument TMR dipasang pada soft bearing balancing machine dan hard bearing balancing machine. Soft bearing balancing machine bisa digunakan untuk semua macam bearing yang memiliki jenis yang sama, sedangkan hard bearing balancing machine hanya digunakan pada jenis bearing yang berat dan keras.

Mesin balancing yang berada di Pupuk Kaltim masih belum terhubung dengan perangkat komputer ataupun laptop. Mesin itu masih mengandalkan sebuah mesin yang langsung di print pada saat pengujian berlsangsung

 

upgrade mesin balancing

Engineer Pupuk Kaltim sedang melakukan percobaan di Mesin Balancing dengan menggunakan TMR Insrument dari PT Testindo

Mesin tersebut ditambahkan dengan TMR Instrument yang terintegrasi dengan perangkat komputer dan laptop, sehingga ketika melakukan pengujian menggunakan mesin balancing komputer akan bekerja untuk menampilkan kecepatan, getaran dan perputarannya secara akurat.

Kedua mesin balancing memiliki sensor getaran dan sensor kecepatan, kedua sensor ini akan membaca getaran dan kecepatan pada komponen mesin yang diuji menggunakan mesin balancing. Mesin harus memenuhi beberapa syarat untuk mengoptimalkan kerja mesin yaitu , sistem kontrol harus berfungsi mulai dari tombol on/off dan pengatur kecepatan pada mesin dan tidak mengalami kerusakan.